Monday, September 21, 2015

Clindamycin untuk Jerawat dan Komedo


udah lama pengen cerita tentang obat ini..
berhubung aku lagi jerawatan dan itu udah dimulai waktu bulan maret 2015 (klik disini untuk perkembangan jerawat batu aku). nah aku browsing sana-sini lewat google dengan kata kunci "cara ampuh menghilangkan jerawat" dari yang masih pakai bahasa indonesia sampai pakai bahasa inggris akhirnya sejauh ini yang berani aku coba salah satunya yaitu clindamycin ini.
oiya sebelumnya aku pasti udah browsing sana-sini juga tentang penyebab jerawat. dan ada yang bilang kalau penyebabnya itu makanan berlemak, hormon, stress, pori-pori besar, iritasi bahkan karena make up. setelah aku pikir-pikir aku sama sekali gak suka makanan berlemak dan kalau karena make up, aku orangnya gak suka make up-an paling cuma pake bedak dan itupun aku kemarin-kemarin gak pernah jerawat selama pakai bedak itu. mungkin karena faktor hormon dan stress. bisa jadi aku baru puber! yaelah, aku udah 20an juga sih hehehe. dan aku pun sadar tiap habis makan coklat mukaku tumbuh jerawat! iya, coklat :) terimakasih coklat. padahal dulu gak pernah jerawatan gegara makan coklat. aku pun gak tau kenapa sebabnya  :(

balik lagi ke topik clindamycin!
"Clindamycin adalah golongan antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi serius yang disebabkan oleh bakteri, dengan cara menghentikan perkembangbiakannya. Beberapa kondisi yang dapat ditangani oleh clindamycin di antaranya adalah infeksi pada sistem pencernaan, sendi dan tulang seperti osteomyelitis, darah, kulit, paru-paru, organ reproduksi wanita, serta infeksi pada organ-organ dalam lainnya. Selain itu, clindamycin juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi gigi yang tidak dapat diatasi oleh antibiotik lainnya."  http://www.alodokter.com/clindamycin

Clindamycin biasanya mampu mengatasi bakteri P.acnes yang menyebabkan komedo, jerawat biasa dan jerawat meradang. Obat Clindamycin ini juga bersifat anti inflamasi dan membantu mengurangi kemerahan pada kulit yang meradang. awalnya aku tau obat ini waktu ada kakak di kos yang jerawatnya dikasih ini langsung kempes kemudian temen aku di kos ikut-ikutan. waktu itu aku cuma jadi penonton aja eh sekarang akunya yang jerawatan langsung deh aku browsing ini obat yang benar dipakainya gimana.

Nah, aku saranin untuk jerawat yang udah lumayan banyak pakai yang 300mg. untuk yang cuma pengen ngempesin jerawat dan mukanya itu udah bersih cuma garagara jerawat satu atau dua aja udah stress, aku saranin 150mg.
caranya gampang. tinggal ambil obatnya minum deh. menurut artikel yang aku baca, clindamycin ini harus diminum dengan 1-2 gelas penuh. dan efeknya itu setelah 1-2 jam mulut jadi pahit. dianjurkan untuk diminum setiap hari. biasanya tiap 6 jam, tapi mungkin lebih baik dikonsultasikan ke dokter dulu.
Bisa untuk pemakaian luar. Buka isinya (buka kulit kapsulnya) kemudian tambahin air dikit aja terus totolin deh di jerawatnya. Efeknya kalau dipakai langsung dijerawatnya mungkin agak perih gitu. Usahakan hindari area sekitaran pinggir hidung, bibir serta mata.  Biar lebih ampuh pakainya sebelum tidur.

manfaat yang aku dapetin: jerawat aku mudah kering, terus kempes. mungkin untuk jerawat batu seperti aku efeknya cuma kering aja. kempesnya memakan waktu lama.

Sama seperti obat-obat lain, clindamycin juga berpotensi menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang biasa terjadi setelah mengonsumsi antibiotik ini adalah iritasi tenggorokan, ruam di kulit yang terasa gatal dan rasa tidak nyaman atau nyeri pada perut.
Jika Anda mengalami diare, hubungi dokter yang memberikan resep obat ini sebelum lanjut menggunakannya.

Harganya untuk yang 300mg itu sekitaran 15ribuan. Nah itu untuk yang obat generik ya. Aku pernah tanya di Kimi*a F*rma yang bukan generiknya itu hampir 100ribu. Untuk khasiatnya generik sama enggak sama aja di akunya.

selamat mencoba!

72 comments:

  1. Halo aku bari baca blog ini, dan sekarang aku lg konsumsi clindamycin. Aku td minum jam 12siang brrti aku harus minum lg jam 6sore yah? Sekarang msh konsumsi obat itu ngga? Terimakasih sblm nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut aku sih tergantung dosis clindamycin yg di pakai , jika pakainya yg 300mg , sebaiknya 12 jam sekali , sehari cukup 2 x saja

      Delete
  2. Halo aku bari baca blog ini, dan sekarang aku lg konsumsi clindamycin. Aku td minum jam 12siang brrti aku harus minum lg jam 6sore yah? Sekarang msh konsumsi obat itu ngga? Terimakasih sblm nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo maaf baru bales. Iyaa. Tiap 6 jam. Tapi lebih baik dua hari sekali sajaa ☺

      Delete
  3. Kalo dibarengin dengan obat darsi bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin boleh, soalnya kalau darsi itu kan lebih ke jamu. Kandungannya juga dari bahan bahan alami. Tapi harus banyak minum air putih ajaa agar aman diginjalnyaa.

      Delete
  4. Minumnya selama brp hari ya

    ReplyDelete
  5. Kak kalo udh mendingan trus ga minum clinda jrwt muncul lagi ngga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak say. Asal bisa ngerawat mukanya supaya tetap bersih jerawat gak muncul lagi kecuali emang karena menstruasi

      Delete
  6. Mau tanya dong.. Aku lg mulai konsumsi, km pakai brp lama yaa waktu itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakenya kalau lagi meradang aja jerawatnya sampe dia kering atau kempes. Sekarang udah engga konsumsi lagi paling cuma diplesin kalau jerawatnya muncul lagi karena alhamdulillah uda gak jerawat parah kayak dulu. paling bagus dipake waktu jerawatnya baru mau tumbuh (kemerahan disertai nyeri).
      Terimakasih udah berkunjung :))

      Delete
  7. Pemekaian antibiotik seperti clindamicyn harus sesuai anjuran dokter, pemakaian harus sampai minimal 3 hari dan tidak di anjurkan untuk jangka waktu yang lama karena dikawatirkan menyebabkan resistensi obat terhadap seseorang. Sekedar info guys :)

    ReplyDelete
  8. Betul sekali konsumsi antibiotik minimal 3 hari maksimal 5 hari dan harus resep dokter yaa ... Saya juga suka pake clindamycin ..tapi yang dalam bentuk gel (merk mediclin) tapi ini ada 2 macam jadi jangan salah pilih guys... Kalauu pake yg capsuk saya cuma totol"in aja dijerawat gag pernah minum...karna gag boleh sembarangan konsumsi antibiotik... Terima kasih 😊😊

    ReplyDelete
  9. Saya baru pake ini, rasany kyk nyeri atau gatal gitu saya campuri ke air. Apa sprti itu ya reaksinya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa. Bisa perih dan gatal. Jangan terlalu lama. 10 menit aja cukup trus dibilas. Kamu bisa juga beli clindamycin yg gel. Lebih aman.

      Delete
  10. mau tanya dong..
    akk udah mendingan alhamdulillah.
    akk minum obat sama salepnya.
    qoe di jidat ada beruntusan ya 😭

    ReplyDelete
  11. emang efeknya gitu ya mba ? biasanya beruntusan ilang gg si

    ReplyDelete
  12. Aku sih gak gitu. Coba salepnya dihindari daerah jidat sis mana tau membantu. Terimakasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  13. Kalo pake yg gel mediklin trs konsumsi clindamycin 150 gr sbelum tdur secara bersamaan boleh gak sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya salah satu aja kalau mau coba sis. soalnya kalau ada reaksi alergi kita jadi tau yg mana yg gak cocok

      Delete
  14. Aku pernah d anjuriin dokterr, makenya d campurr k alass bedakk yg qt pake.. Kebtulan aku pake citra hazeline. Jd 1 kapsul yg 300 aku cmpurrr k 1btol citra hazeline. Nach jd aku tinggall pake ajj lg t alass bedakk. n dosiis nya jg gx bnyakk. Cm 1 kapsul yg 300 untukk 1bln.. Alhamdulillah gx prnh jerawatan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jerawat yang meradang apa gimana sist

      Delete
    2. Sy jg pernah,tp citra hazelin yg besar tu dicampur 6kapsul

      Delete
    3. Sy jg pernah,tp citra hazelin yg besar tu dicampur 6kapsul

      Delete
    4. citra hazelinnya yang warna apa ya ka?

      Delete
  15. Mau nanyak kak.
    Kalo dicampur kegarnier sakura bisa juga gak kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau juga. tapi lebih baik citra aja takut formulanya beda

      Delete
  16. Aku udh make bbrpa tahun terakhir, tp ga d makan langsung aku campur d day cream citra. Efeknya cukup cepet kok buat keringin jerawat.

    ReplyDelete
  17. Nanya deh, aku baru pake yg cair gitu tapi udah pake dua minggu ini belum keliatan efeknya ya?? Jerawatnya masih ada. Kira" berapa lama yaa proses ilangnya jerawat? Makasih

    ReplyDelete
  18. aku juga mengonsumsi clyndamicin kak, karena jerawatku banyak. tapi akhir2 ini aku ngalamin masalah sama kewanitaanku. apakah clyndamicin mengganggu menstruasi, dan menyebabkan keputihan berwarna coklat tua kak. tolong ya kak dijawab. makasih:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya obat clndamicin ngaruh juga kewanitaan, bisa mengobati keputihan jg tapi klo keputihan warnanya coklat konsultasi ke dokter kulit ajah kak,

      Delete
  19. Kak maaf mau tanya aku baru pake clindamycin yang gel apakah boleh di pakai dalam jangka panjang ?

    ReplyDelete
  20. Ka maaf mau tanya aku baru pakek clindamycin juga nih yg 300mg, tp aku pakek buat pemakaian luar aja yg kaya kaka kasih tutorialnya, gaaku minum itu ngga papa ya kan ka?

    ReplyDelete
  21. Mf mau tanx kl clindamycin nya d campur dengan theraskin acne boleh g?cz aq uda pakek theraskin acne tp blm ada peruban bruntus d wajah kering muncul lg... 😢😢😢

    ReplyDelete
  22. Kak tanya, clindamycin nya itu diminum sebelum/ sesudah makan, oh ya aku baru beli yg 150mg itu sm gk sih khasiatnya kyk yg 300 mg, dan brp hari makenya ya. Makasih tolong dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda sih khasiatnya...lebih bgus yg 300g.klo pemakaiannya minimal 3 hri maksimal 10 hari

      Delete
  23. Kalo pake clindamycin, kalo jerawat nya udah kering apa bakal menimbulkan bekad jerawat hitam2?

    ReplyDelete
  24. Kak klau buat ngilangin komedo bisa gk kak??

    ReplyDelete
  25. Klo clyndamisin nya di barengi dengan obat Methylprednisolone gmna?? Truskan pernah saya konsumsi dua2nya itu memang 3 hari sudah terlihat mendingan kempes2 dan memudar..tapi klo sudah ga konsumsi kedua tablet itu beberapa harian.. knp yah suka timbul LG jerawatnya??? Ada saran?? Apa saya lanjutkan terus minum obat tersebut atau gmn..JD kyk ketergantungan saya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakk minum clindamicinnya itu sehari sekali atau per6jam ya untuk yg 150mg , kata mbak*apotik kok sehari sekali ya

      Delete
  26. Kemarin saya dapat resep dari dokter minum clindamicin 300 mg untuk 5 hari aja. Minumnya 2 kali sehari. Semoga membantu:)

    ReplyDelete
  27. Kalo untuk komedo cara pemakaian nya gimana?

    ReplyDelete
  28. saya baru beli stelah liat browsing2 di sana.sini kox jdi tkut utk konsumsi.. bhaya gk si mimd.. hadehh����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo dlu aku pake sih nggak berbahaya...dan dlu aku pake pas umur aku 14 tahun..supaya nggak berbahaya pake minimal 3 hari,maksimal 10 hari

      Delete
  29. Ka mau nanya , kalo dicampur fair&lovely bisa gak ya ? Terus kalo dibarengin sama pemakaian masker oat sama jeruk nipis boleh gak ya ?

    ReplyDelete
  30. Apa bisa ya clindamicyn ini di campur ke cream daynya wardah?

    ReplyDelete
  31. kalau untuk bekas jerawat ampuh ga?

    ReplyDelete
  32. Kakak aq jerawat bngt mati zatu tumbuh zeribu... aq uda coba bnyk obat tpi mau coba clindamicin cra gunakanx gmna kac .. mohon infox aq uda puzing cra gatazinx 😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja kamu banyakin minum air putih,istirahat miniml 8 jam dan kurang2in mengkonsumsi yg berminyak,pedes2, dan memgandungg banyak manis2 sperti coklat

      Delete
    2. Clindamicin dlm bentuk kapsul..jdi cara penggunaannya diminum pake air putih 1-2 gelas

      Delete
  33. kak kalo clindamycin dijadikan masker bisa gk?

    ReplyDelete
  34. Kk kalau dipakai diwajah,q pakai cream fair& lovely,berapa banyak cream yg di pakai???

    ReplyDelete
  35. Bisa lepaskan bekas jerwat gk kak?

    ReplyDelete
  36. Emang bagus si ini obat Alhamdulillah udh aga bersihan muka semenjak pake clindamicin + citra😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efeknya pake ditambah pake citra apa kak?

      Delete
    2. Klo di aku , wajah lebih cerah trus jerawat ngk dateng2 lgi

      Delete
    3. Ini yang dosis berapa kak? Terus berapa kapsul pake nya?

      Delete
  37. Aq baru mau mulai pakai clindamycin 300mg. Jerawat aq lagi banyak terus kemerahan juga, yang paling susah bagian jidat sama pas tengah hidung atas. Semoga cocok dan bisa mulus lagi.

    ReplyDelete
  38. kak.
    clindamycin bisa menghilangkan bekas jetawat kak?

    ReplyDelete
  39. Plis ka di jawab aman ga buat busui

    ReplyDelete
  40. Alhamdulillah aku pake clindamycin jerawat ku pada kempes semua dan berangsur2 hilang,wajahpun lebih cerah.

    ReplyDelete
  41. dicampur ppake sun cren g merknya sun protection boleh gak

    ReplyDelete
  42. dcampur sama sun protection atau suncren boleh gak

    ReplyDelete
  43. Haiii...salam kenal
    Sekedar sharing aja. Awalnya aku pake krim dan prwtn di salah 1 dokter kecantikan di smg dr tahun 2015. Wajah bersih ga berjerawat. Akhirnya ditahun 2018 aku memutuskan utk tdk pake krimnya lagi tp prwtn msh jalan sebulan sekali. Stop dr krim dokter wajah ga ada jrwt tp kliatan kusam. Lalu stlh browsing ksana ksini, akirnya menemukan salah satu krim onlen yg reviewnya 90% bagus dan cocok. Akirnya aku memutuskan utk membeli krim tsb. Pemakaian 1bln tdk tjd apa2. Dan di bulan ke3 jrwt pd bermunculan 1 2 3 yg pdhl dl ga prnh jrwtn sama skali kecuali klo pas lg mau dpt bulanan, itupun cuma 1 jrwt aja.
    Tanpa pikir panjang aku konsultasikan ke admin krim onlen tsb, krn judulnya aja onlen, ya konsultasinya jg onlen..
    Kata adminnya aku lg purging krn sblmnya memakai krim yg mengandung bahan2 yg berbahaya. Lalu kata admin disuruh pake sabun sama toner aja slm msh purging. Begitu jrwt udh agak kempes dan kering, aku lanjutin aja krim onlen tsb. Eee...tryt jrwt nya pd muncul lagi. Akirnya aku memutuskan utk balik lg konsul ke dokter kecantikan yg lama dan memulai lg dr awal serentetan krim dr dokter. Dan aku tambahin obat oral clindamycin 300 mg juga. Hasilnya gmn? Blm kliatan sama sekali. Secara jrwt aku tipe jrwt yg pertama kali muncul rasanya pegel kyk bisul trs sakit bgt, dan sembuhnya lama dan ninggalin bekas item diwajah dan cara menghilangkannya pun agak lumayan lamaaa...
    Pelajaran yg diambil, klo sdh cocok dg salah satu krim, jgn coba2 ganti apalagi iseng pgn nyoba sesuatu yg baru. Tiap kulit wajah org berbeda2, maka dr itu mending kita jaga drpd hrs gontaganti ato nyoba2 krim yg nlm tentu cocok di kulit kita.
    Semoga bermanfaat
    Salam kenal

    ReplyDelete
  44. Setelah minum 3 kali terasa nyeri di dada kek ada yang ganjel mungkin itu efeknya ya stop aj aku konsumsi nya

    ReplyDelete
  45. Ka mau tanya saya baru mulai konsumsi eh sekarang kena flu kalau sama minum paracetamol boleh nggak ka?

    ReplyDelete

Follow Us @soratemplates