Monday, March 6, 2017

My Acne Story | Menghilangkan jerawat tanpa harus ke dokter



udah dua tahun aku struggling dengan yang namanya jerawat. emang dulu-dulu juga pernah muncul jerawat tapi cuma satu atau dua aja dan seminggu juga udah hilang bekasnya.

(beberapa foto udah aku hapus di post ini)

sekitar awal tahun 2015, tepatnya waktu kuliah semester 7, itu aku lagi PPL (Program Pengalaman Lapangan) di salah satu sekolah di kota tempat aku kuliah dulu di Pekanbaru. PPL dimulai setelah aku melakukan kegiatan KKN pada bulan juni-agustus 2014. kalau sudah melewati dua tahap itu, tandanya kita udah official jadi mahasiswa semester akhir, semester tua. waktu KKN atau PPL mukaku masih baik-baik aja, di akhir PPL, sekitar bulan januari mulai muncul jerawat lumayan besar di daerah dagu sama bawah hidung. tapi kemudian hilang dan berikutnya selalu muncul jerawat dan hilang. sampai bekas-bekasnya jadi banyak banget.

siap-siap membaca cerita menguras air mata dan pikiran aku selama dua tahun ini menghilangkan jerawat tanpa harus pergi ke dokter.

diakhir tahun 2015 jerawat batunya datang dan keroyokan. temen-temen sampai dosen pada nyadar dan mereka bingung kenapa mukaku yang dulunya mulus bisa jerawatan banyak dan besar-besar. aku juga bingung, padahal aku tiap pagi dan sebelum tidur selalu bersihin muka, makan juga yang biasa-biasa aja, jarang makan gorengan atau yang pedas-pedas. satu-satunya kemungkinan yaa faktor hormon.

ini muka aku masih polos tanpa noda jerawat, 2014 :')



setelah memasuki dunia semester akhir yang kejam mulai tampak bibit-bibit jerawat di pertengahan 2015


tiap ketemu orang yang dikenal selalu dipermasalahin jerawat di muka ku ini. ada yang bilang baru puber -__- banyak juga yang ngasih saran supaya jerawatnya kempes. bukannya aku gak melakukan apapun buat hilanginnya, setiap dikasih saran langsung aku kerjakan, aku juga browsing sana-sini tentang cara ngilangin jerawat batu ini. memang jerawat batu itu tipe yang susah untuk dihilangin. butuh waktu. pernah aku jerawat batu dan itu sepertinya 5 jerawat reunian disatu tempat. jadi jerawatnya lebar dan besar gitu. yang ngeliat aja udah tau gimana sakitnya.

selain faktor hormon, aku juga berasumsi faktor stress dan banyak pikiran. soalnya itu semester semester yang penuh siksaan batin. iya, kita harus nyelesaiin skripsi. SKRIPSI!. semua karena skripsi. badan makin kurus, muka makin bruntus. semakin dipikirin semakin banyak jerawatnya. yang aku pikirin cuma satu, wisuda segera dan cari kerja. tap apalah daya, skripsi itu emang menakutkan. emang pasti bikin stress (bukan nakut-nakutin loh yaa).

akhirnya, setelah perjuangan yang menguras tenaga, waktu, pikiran, uang dan air mata, aku wisuda juga. bulan februari 2016. jerawat masih tetap banyak dan besar-besar. wisudaan pun udah piilih MUA yang terkenal tetep ga bisa nyembunyiin jerawat aku yang segede kacang polong ini :(

walau udah kelar dan tinggal wisuda tetep gak ilang juga jerawat batu ini. cuma bisa pasrah. sumpah kalau kepegang ini sakit banget.

(mohon maaf, beberapa foto yg ku post sebelumnya udah aku hapus karena sebagian keliatan leher atau rambut)

nah, setelah wisuda, jerawatku mulai berkurang, tapi tetep banyak cuma frekuensinya aja yang berkurang. menuju ke bulan juni jerawat udah agak mendingan. waktu itu aku cuma pakai acne moisturizer wardah sama bedak sariayu khusus jerawat. muka bersihan dan gak terlalu banyak jerawat batunya tinggal bekas bekas aja.

dah bisa senyum walau kadang jerawatnya suka iseng datang dan pergi :') liat dibawah ini, udah bagus tinggal bekass (kiri) eh, dia datang lagi.




Saat mulai kerja di salah satu sekolah swasta di tempat ku berasal (ceritanya udah gak kuliah di pekanbaru lagi), mulai stresss, banyak masalah di sekolah, mungkin karena gak terbiasa mengajar sd. karena aku jurusan pendidikan kimia bukan PGSD jadi masih gak paham cara menguasai kelas untuk anak-anak sekolah dasar. jerawatku pun mulai timbul lagi. tapi gak sebanyak waktu kuliah dulu. cuma karena namanya udah kerja kalau jerawatan itu gak nyaman banget. apalagi aku juga ngajar bimbel sampai malam. jadi dari pagi sampai malam muka berasa banget dekilnya. makin lah meradang jerawat ini.

agustus menuju desember gak banyak fotonya karena mukanya berubah-ubah. bisa tiga hari tanpa jerawat, kemudian seminggu jerawatan.


bulan januari, aku mulai perawatan Theraskin. itu hasil dari aku browsing sana-sini dan modal nekat aja. sebelum pakai theraskin aku nyoba pakai fpd beauty herbal (yang warna hijau itu) cuma aku ga suka karena bikin muka aku putih kayak mayat. kenapa aku beli? karena acne moirsturizer wardah udah susah ditemukan (sampai sekaarang aku selalu nanyain kakak-kakak BAnya tiap ke swalayan). aku udah nyoba pelembab sariayu tapi gak cocok, terus nyoba latulip juga gak cocok, nah sekarang aku pakai krim theraskin di barengi dengan pelembab acne solution moisturizer dari pond's. dan alhamdulillah cocok.

hari ketiga nyoba theraskin muka purging didagu lumayan parah (gambar kedua atas dari kiri) lalu berkurang, tapi kadang muncul lagi jerawat bandelnya. sampai sekarang masih sering jerawat tapi gak sebesar yang dulu. nanti aku review lagi yaaa tentang Theraskin ini.

selama aku jerawatan parah kok ga ke dokter? alasannya simpel. aku ga mau ngerepotin orang tua buat bayar biayanya. aku cukup pakai bahan-bahan alami dan produk yang masih terjangkau aja. walau udah kerja, gaji juga ga seberapa mau perawatan ke dokter. lagian dari cerita orang-orang yang udah pernah perawatan ke dokter kulit, malah bikin ketergantungan. selagi masih bisa diusahakan dengan gak banyak menguras dompet, kenapa engga?. kuncinya banyak-banyak berdoa, bersabar, hilangkan stress, jangan kebanyakan begadang dan jaga pola makan. rajin cuci muka juga. tapi, menurutku, walau rajin cuci muka, tetep aja tuh jerawatan kalau emang karena hormonnya. jerawat yang muncul di dagu itu faktor hormon. nah, katanya kalau kita minum suplemen yang mengandung zinc, bagus banget buat wajah yang jerawat hormonal.

setelah jerawat udah agak mendingan ini, aku rajin banget maskeran pake masker kefir atau yoghurt. kalau lagi males sama baunya kefir, aku pake yoghurt aja, sensasinya hampir sama. jerawatku yang baru mau tumbuh dan sakit jadi gampang kempes terus gak jadi tumbuh.  juga kefir dan yoghurt ini bagus buat ngilangin bekas-bekas jerawat.

semangat bagi yang sedang struggle dengan musuh satu ini.
jangan sungkan-sungkan bertanya sama aku, walau aku cuma bisa bermodal pengalaman aja, tapi pengen banget bisa bantu yang lain.

terimakasih udah baca blogku ini
assalamualaikum ❤❤☺

40 comments:

  1. Kak sekarang masih pake theraskin? Hasilnya gimana kak?

    ReplyDelete
  2. Kak sekarang masih pake theraskin? Hasilnya gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry baru sempet balas. Masih say. Udah mendingan. Tinggal bekas bekasnya aja nih

      Delete
  3. Aku baru tau kalo jerawat yg gede dan lama itu jerawat batu, aku lg ada jrwat gatau gede bgt trus lama hmpir sebulanan ternyata itu jrwt batu ya? Soalnya sblmnya gapernah punya jerawat begini. Rasanya pgn nangis soalnya malu lama ga kempes2. Biasanya kalo kaka kmpesnya brp hari ya? Tra dikasih obat apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lamaaa kalau jerawat gede gitu. Jerawat batu itu dia gak ada matanya. Jadi kempesnya itu lama. Dan bisa muncul lagi ditempat yg sama.
      Biasanya aku bisa seminggu paling cepat kempesnya kalau jerawat gede gitu. Aku sering kasih kefir atau pakai acnes.

      Delete
  4. Dulu aku di daerah dagu jarang ada jerawat sekarang malahan muncul.banyak ilang satu tumbuh lagi ditempat lain gak tanggung numbuhnya sampai 2 atau 3 di tempat daerah mukaku yg lain :(.sampe bingung cara ilangnya gimana, udah pake ini itu takut tambah banyak.jerawat,pake yg ini itu juga gak mempan mempan

    ReplyDelete
  5. samaaa banget! udah ilang malah tumbuh yang lain malah bikin bekas nambah banyak. aku sekarang masih pake theraskin yang pencuci muka sama tonernya doang trus dirutinin pake aloe vera gel nature republic. udah mendingan bekasnya.

    ReplyDelete
  6. Ka kalo ngilangin bekas jerawatnya pake apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngilangin bekas jerawat itu harus rajin perawatan seperti pakai masker wajah atau serum. Biasa aku pakai kefir, aloe vera atau sheet mask. Oya, produk lain seperti krim pencerah wajah juga bisa membantu (yg aman ya). Yang penting rutin. Terimakasih udah berkunjung

      Delete
    2. Assalamualaikum ka
      Salam kenal ka saya silvi konsultan jafra ☺
      Kita perawatan sehat yu ka dan gak bikin ketergantungan aman busui bumil berbopm juga , glowing sehat? Bisa , jerawat? Bisaa , bopeng? Bisa , makeup jafra? Ada
      Cocok , baik pria maupun wanita
      .
      Free knsul dan tanya jafra
      Hub wa 0895390892982 atau clik bit.ly/Jafraidslv
      Bbm : DB3C5BBE

      Delete
    3. Assalamualaikum ka
      Salam kenal ka saya silvi konsultan jafra ☺
      Kita perawatan sehat yu ka dan gak bikin ketergantungan aman busui bumil berbopm juga , glowing sehat? Bisa , jerawat? Bisaa , bopeng? Bisa , makeup jafra? Ada
      Cocok , baik pria maupun wanita
      .
      Free knsul dan tanya jafra
      Hub wa 0895390892982 atau clik bit.ly/Jafraidslv
      Bbm : DB3C5BBE

      Delete
  7. Ka produk yang ampuh untuk ngilangin bekas jerawat tanpa bikin jerawat baru kambuh kira-kira apa ya?sheet mask atau masker lain misalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering sering maskeran. Sheet mask juga bagus dan aman. cuma kalau untuk ampuhnya emang gak terlalu sih karna butuh waktu juga hilangin bekas jerawat. Aku suka pakai sheet mask etude house krna gak bikin jerawat baru muncul.

      Delete
    2. Assalamualaikum ka
      Salam kenal ka saya silvi konsultan jafra ☺
      Kita perawatan sehat yu ka dan gak bikin ketergantungan aman busui bumil berbopm juga , glowing sehat? Bisa , jerawat? Bisaa , bopeng? Bisa , makeup jafra? Ada
      Cocok , baik pria maupun wanita
      .
      Free knsul dan tanya jafra
      Hub wa 0895390892982 atau clik bit.ly/Jafraidslv
      Bbm : DB3C5BBE

      Delete
  8. Kamu konsumsi zinc buat jerawat hormon gak? Btw hati2 juga pake theraskin say, aku dulu pake selama 1th emang bersih bgt muka aku. Tapi setelah browsing2 sana sini, ternyata krim malam theraskin itu mengandung steroid, steroid aman d gunakan kok gak kayak merkuri, cuma kita gak boleh pake lebih dr 3bln (dan aku udh pake 1th) itu yang membuat aku berhenti dari theraskin, dan akhir nyaa, yaa jerawat aku balik lagi seperti dulu, padahal aku lepas nya gak total, perlahan2 biar gak breakout, eh ternyata tetep aja breakout :( skrg lg perjuangan lawan jerawat yg umumnya hormonal dgn konsumsi zinc. Eh btw aku kuliah di pekanbaru juga :) salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo salam kenal. Aku kadang minum suplemen yg mengandung zinc, cuma perut aku lgsg ga enak tiap habis minun itu jadi jarang2 minumnya. Iyaa, aku udah tau sih jadi aku skrg pake sabun sama tonernya aja. Dan tiap malam aku pake alor vera nature republic atau sleeping mask ajaa ga pake krim malam

      Delete
  9. Salam kenal kak, saya Ayu lestari. kak saya mau Tanya kalau bekas jerawat akibat salah penggunaan kosmetik bisa di ilangin ga ya?
    saya udah nyoba pake produk tentang jerawat tapi belum nemu produk yang cocok. mohon saran nya yaa kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekas jerawat bisa dihilangin kalau kita pakai produk yg mencerahkan, lama lama dia juga ikut mudar. Asal sabar pasti ilang kok

      Delete
  10. Asalamu'alaikum kaka.
    nama saya ilyas, saya murid sekolah kelas 3 smk. aku jerawatan dari mulai kelas 3 smp. awal mula aku jerawatan dari mulai kelas 2 smp tapi cuman 1 atau 2 aja sih dan bekasnya juga tanpa diapa2in langsung ilang, tapi gara2 minjem sejenis toner punye temen gitu(namanya anak sekolah suka nyoba2 punya temen)aku tumbuh jerawat, awalnya sih kecil2 tp kesini2 banyak banyak dan banyaaaak:'( tapi aku diemin aja dan emg sih agak berkurang,. naik kelas 3 smp jerawat aku datang lagi dan itu banyak karena aku gatahan, dan malu diejek temen2 aku pencet2 jerawat aku:'( ternyata itu dosa yang paling besar, alhasil banyak jerawat numbuh dan gede2 sejenis batu lah dan yang paling aku kesel jerawat batu itu misalkan tumbuh nya 3 biji dan itu timbulnya dempetan diposisi yanh sama seakan2 itu jerawat 1 yang melebar dan meradang:'( minder tiap2 mau kemana2 mikir duakali karena takut diejek:'( sumpah demi Apapun kesinggung banget kalo ada yang ngomong2 tentang jerawat. dan aku sekarang udah kelas 3 sma .. jerawat aku pun bukan malah membaik tapi makin banyak:'( kebiasaan buruk dari dulu yaitu memncet jerawat emg kadang aku lakuin kerna aku gatau lagi harus gimana:'( aku pengen muka aku kaya orang2:'( bebas mau kemanapun tanpa takut diejek. . aku udah coba berbagai cream buat ngilangin jerawat tapi tetep aja gitu hasilnya nihil:'( aku udah frustasi apa emang aku harus kaya gini? yang bisa bantu aku tolong kasih tau ya:'( buat temen2 yang jerawatan pasti tau rasanya di ejek itu kaya gimana :( sakit hatinya.. kita juga yang jerawatan gamau jerawataannnn:'( help me

    ReplyDelete
  11. Asalamu'alaikum kaka.
    nama saya ilyas, saya murid sekolah kelas 3 smk. aku jerawatan dari mulai kelas 3 smp. awal mula aku jerawatan dari mulai kelas 2 smp tapi cuman 1 atau 2 aja sih dan bekasnya juga tanpa diapa2in langsung ilang, tapi gara2 minjem sejenis toner punye temen gitu(namanya anak sekolah suka nyoba2 punya temen)aku tumbuh jerawat, awalnya sih kecil2 tp kesini2 banyak banyak dan banyaaaak:'( tapi aku diemin aja dan emg sih agak berkurang,. naik kelas 3 smp jerawat aku datang lagi dan itu banyak karena aku gatahan, dan malu diejek temen2 aku pencet2 jerawat aku:'( ternyata itu dosa yang paling besar, alhasil banyak jerawat numbuh dan gede2 sejenis batu lah dan yang paling aku kesel jerawat batu itu misalkan tumbuh nya 3 biji dan itu timbulnya dempetan diposisi yanh sama seakan2 itu jerawat 1 yang melebar dan meradang:'( minder tiap2 mau kemana2 mikir duakali karena takut diejek:'( sumpah demi Apapun kesinggung banget kalo ada yang ngomong2 tentang jerawat. dan aku sekarang udah kelas 3 sma .. jerawat aku pun bukan malah membaik tapi makin banyak:'( kebiasaan buruk dari dulu yaitu memncet jerawat emg kadang aku lakuin kerna aku gatau lagi harus gimana:'( aku pengen muka aku kaya orang2:'( bebas mau kemanapun tanpa takut diejek. . aku udah coba berbagai cream buat ngilangin jerawat tapi tetep aja gitu hasilnya nihil:'( aku udah frustasi apa emang aku harus kaya gini? yang bisa bantu aku tolong kasih tau ya:'( buat temen2 yang jerawatan pasti tau rasanya di ejek itu kaya gimana :( sakit hatinya.. kita juga yang jerawatan gamau jerawataannnn:'( help me

    ReplyDelete
  12. Asalamu'alaikum kaka.
    nama saya ilyas, saya murid sekolah kelas 3 smk. aku jerawatan dari mulai kelas 3 smp. awal mula aku jerawatan dari mulai kelas 2 smp tapi cuman 1 atau 2 aja sih dan bekasnya juga tanpa diapa2in langsung ilang, tapi gara2 minjem sejenis toner punye temen gitu(namanya anak sekolah suka nyoba2 punya temen)aku tumbuh jerawat, awalnya sih kecil2 tp kesini2 banyak banyak dan banyaaaak:'( tapi aku diemin aja dan emg sih agak berkurang,. naik kelas 3 smp jerawat aku datang lagi dan itu banyak karena aku gatahan, dan malu diejek temen2 aku pencet2 jerawat aku:'( ternyata itu dosa yang paling besar, alhasil banyak jerawat numbuh dan gede2 sejenis batu lah dan yang paling aku kesel jerawat batu itu misalkan tumbuh nya 3 biji dan itu timbulnya dempetan diposisi yanh sama seakan2 itu jerawat 1 yang melebar dan meradang:'( minder tiap2 mau kemana2 mikir duakali karena takut diejek:'( sumpah demi Apapun kesinggung banget kalo ada yang ngomong2 tentang jerawat. dan aku sekarang udah kelas 3 sma .. jerawat aku pun bukan malah membaik tapi makin banyak:'( kebiasaan buruk dari dulu yaitu memncet jerawat emg kadang aku lakuin kerna aku gatau lagi harus gimana:'( aku pengen muka aku kaya orang2:'( bebas mau kemanapun tanpa takut diejek. . aku udah coba berbagai cream buat ngilangin jerawat tapi tetep aja gitu hasilnya nihil:'( aku udah frustasi apa emang aku harus kaya gini? yang bisa bantu aku tolong kasih tau ya:'( buat temen2 yang jerawatan pasti tau rasanya di ejek itu kaya gimana :( sakit hatinya.. kita juga yang jerawatan gamau jerawataannnn:'( help me

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo. Aku juga sama. Kalau jerawat selalu numpuk ditempat sama bisa 2-3 jerawat. Aku baru nyobain oxy 10 yg katanya ampuh buat jerawat batu. Baru sekali coba emg jerawat lgsg kering dan kempes. Mungkin bisa dicoba 🙂

      Delete
  13. assalamualaikum ka,kalo misalnya buat bekas jerawat merah itu pake apa ya?kadang suka kesel setiap tumbuh jerawat bekasnya selalu merah dan susah banget dibilangin:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, maaf baru semat balas, kalau bekas jerawat emg susah dihilangkan, coba pake krim pencerah atau sering sering exfoliating pake scrub (bisa pake sabun atau pake bahan2 alami). Selamat mencoba :)

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Oh,iya,kalo muka berminyak banget gitu gimana ka?soalnya saya baru bentar aja udah numpuk minyak,buat ga betah:(,tu muka enaknya diapain yak:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sama :') satu satunya cara pake skin care yang ada oil controlnya dan jaga makanan jangan yg berminyak atau goreng goreng

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Yaampun kak gtu banget ya jerawatnya padahal ada cream yg bisa ilangin jerawat tinggal olesin aja sblum tidur , paginya jerawat udh ilang loh kak harganya cuma Rp.6000 dan ini cream jaman dulu yg skrng msh ada aman lagi aku tiap pake produk yg ga cocok dimuka dn mulai muncul jerawat aku suka olesin paginya lngsung ilang langsung kinclonggg.. Cuma pake kelly pearl cream

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Assalamu'alaikum kak. Umur aku skrng 16th tapi sudah banyak berjerawat,dan kulit aku berminyak banget,aku jerawatan sejak kls 1 smp, dan jerawat aku itu beda sama tmn tmn yang lain. Jerawatnya besar terus merah gitu dan kalo disentuh sakit nyeri gitu. Dan itu kebanyakan di dagu. Terus aku biar in aja lama lama ilang gitu tapi lama banget,dan kalo udah ilang sering tumbuh lagi. Dan skrng aku lagi tidak pakai skincare apapun karena takut memperparah, aku cuma pake cuci muka aja. Dan baru baru ini temen aku nyaranin buat pake theraskin yang acne, tapi takut mau nyoba. Menurut kk gimana solusinya kak??? Oiya cream theraskin bikin ketergantungan apa enggak kak. Tolong respon ya kak. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, kalau menurut aku yaa, apapun pasti buat ketergantungan. Karna kalau muka yang udah sering dirawat kalau tiba tiba berhenti dirawat pasti bakal bermasalah lagi. Jadi yg penting tidak berlebihan aja penggunaan skincarenya. Misalnya pakai krimnya tipis2 saja. Kalau lagi jerawat, emg disarankan pakai produk yg bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat itu, bisa pake obat totol aja atau pakai krim jerawat. Aku juga awalnya udah nyerah gamau pakai apa2. Tapi malah parah dan bikin muka kusam. Sampe skrg aku pake theraskin yang sabun dan tonernya aja khusus jerawat

      Delete
  20. Assalamualaikum,, boleh lihat foto wajahnya kalo sekarang gmna ka,,
    Terus pake produk apa aja,,
    Cz aku juga kesel udah pernah ke dokter. Berhenti terus pake yg alami, sampe yg biasa aja skincare korea yg tanpa alkohol dan ingredient yg sensitif aku gapake tapi ttp aja udah bertahun tahun jerawat baatu datang dan pergi datang lagi gtu bete, solusinya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam maaf baru sempet dibales.
      nanti aku update lagi yaa. jarna skrg juga skincarenya ada yg berubah.
      samaa. aku udah gonta ganti. awalnya cocok tapi lama2 udah ga cocok lagi.
      saran aku jangan begadang. usahakan paling lama jam tidur itu jam 10. trus jangan makan yg berminyak apalagi ayam goreng baruh bangeet diaku kalo seminggu ga makan ayam muka ga muncul jerawat. trus sering2 konsumsi buah dan maskeran.

      Delete
  21. Halo kak. Aku juga hampr sama pengalamannya sma kakak. Aku sma ga pernh jerawatan yg bnyk gitu paling satu dua. Tp smnjak skripsi smpe skrg dah hmpir 3 tahun kok jeraeawatnya keluar terus. Aku coba pake acnol beli di apotik lmyan cpt kempesin jerawat yg kecil kecil. Tp kalo yg jrrwat besar besar gtu blm nemu obatnya. Gmn ya kak. Mau coba coba takut tmbh parah

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo. iyaaa aku sampe skarang ga pernah bebas dari jerawat pasti muncul lagi.
      kalau jerawat besar emang susah dikempesinnya. coba pakai oxy 10. beli yg kecil aja dulu soalnya aku sekarang pakai itu dan lumayan cepat

      Delete
  22. assalamuallaikum, kak aku mau nanya aku udh jerawatan lama bgt dari smp kls 1, aku udh coba bnyk cara, tpi ttp ga bisa sembuh, jerawatnya batu dan yg kecil" juga, padahal udh sering cuci muka, malu kak :'(
    aku lagi pake theraskin ini tpi baru 3 hari terus muncul jerawat di dagu, lumayan bnyk kak, ini gmna ya ? lanjut nggak ya ? aku takut ini breakout, aku pake theraskin acne

    ReplyDelete
  23. Kak aku punya jerawat banyak dari sma. Kadang terasa gatal jerawatnya. Sekarang bnyak bopengnya ama bekasnya juga. Jerawatnya pun masih ada....
    Kyak kakak,bnyak cara aq coba,tpi msh ada
    Klo saran kakak gmn??

    ReplyDelete

Follow Us @soratemplates